Aliran Ilmu Gaib yang Berkembang di Indonesia

*****************************************

BLOG INI PINDAH KE

http://blog.wer1family.net

*****************************************
— In SpiritOfChi@yahoogroups.com, Sastra Vardhana
<sastravardhana@…> wrote: Ilmu GaibSebelum membahas Ilmu Gaib Aliran Islam Kejawen, kita akan memperjelas dulu pengertian Ilmu Gaib yang kita pakai sebagai istilah di sini. Ilmu Gaib adalah kemampuan melakukan sesuatu yang tidak wajar melebihi kemampuan manusia biasa, sering juga disebut sebagai Ilmu Metafisika, Ilmu Supranatural atau Ilmu Kebatinan karena menyangkut hal-hal yang tidak nampak oleh mata. Beberapa
kalangan menganggap Ilmu Gaib sebagai hal yang sakral, keramat dan terlalu memuliakan orang yang memilikinya, bahkan menganggap wali atau orang suci.

Perlu saya terangkan, bahwa keajaiban atau karomah yang ada pada Wali (orang suci kekasih Tuhan) tidak sama dengan Ilmu Gaib yang sedang kita pelajari. Wali tidak pernah mengharap mempunyai keajaiban tersebut. Karomah itu datang atas kehendak Allah karena mereka adalah orang yang sangat saleh dan rendah hati. Sementara kita adalah orang yang meminta kepada Allah agar melimpahakan
kekuasaan-Nya untuk keperluan kita.

Dalam hasanah perkembangan Ilmu Gaib di Indonesia, kita mengenal dua aliran utama yaitu Aliran Hikmah dan Aliran Kejawen. Aliran Hikmah berkembang di kalangan pesantren dengan ciri khas doa/mantra yang murni berbahasa Arab (kebanyakan bersumber dari Al-Quran).
Sedangkan aliran Kejawen yang ada sekarang sebetulnya sudah tidak murni kejawen lagi, melainkan sudah bercampur dengan tradisi islam. Mantranya pun kebanyakan diawali dengan basmalah kemudian dilanjutkan dengan mantra jawa. Oleh kerena itu, saya menyebutnya Ilmu Gaib Aliran Islam Kejawen.

Aliran Islam Kejawen

Ilmu Gaib Aliran Islam Kejawen bersumber dari alkulturasi (penggabungan) budaya jawa dan nilai-nilai agama islam. Ciri khas aliran ini adalah doa-doa yang diawali basmalah dan dilanjutkan kalimat bahasa jawa, kemudian diakhiri dengan dua kalimat sahadad. Aliran Islam Jawa tumbuh syubur di desa-desa yang kental dengan
kegiatan keagamaan (pesantren yang masih tradisional).

Awal mula aliran ini adalah budaya masyarakat jawa sebelum islam datang yang memang menyukai kegiatan mistik dan melakukan ritual untuk mendapatkan kemampuan suparantural. Para pengembang ajaran islam di Pulau Jawa (Wali Songo) tidak menolak tradisi jawa tersebut, melainkan memanfaatkannya sebagi senjata dakwah.

Para Wali menyusun ilmu-ilmu Gaib dengan tatacara lelaku yang lebih islami, misalnya puasa, wirid mantra bahasa campuran arab-jawa yang intinya adalah do’a kepada Allah. Mungkin alasan mengapa tidak disusun mantra yang seluruhnya berbahasa Arab adalah agar orang jawa tidak merasa asing dengan ajaran-ajaran yang baru mereka kenal.

Di Indonesia, khususnya orang jawa, pasti mengenal Sunan Kali Jaga (Raden Said). Beliau inilah yang paling banyak mewarnai paham islam-kejawen yang dianut orang-orang jawa saat ini. Sunan Kali jaga menjadikan kesenian dan budaya sebagai kendaraan dakwahnya. Salah satu kendaran Sunan Kali Jaga dalam penyebaran ajarannya adalah melalu tembang / kidung. Kidung-kidung yang diciptakannya mengandung ajaran ketuhanan dan tasawuf yang sangat berharga. Ajaran islam yang
luwes dan menerima berbagai perbedaan.

Bahkan Sunan Kali Jaga juga menciptakan satu kidung “Rumeksa Ing Wengi” yang menurut saya bisa disebut sebagai Ilmu Gaib atau Ilmu Supranatural, karena ternyata orang yang mengamalkan kidung ini memiliki berbagai kemampuan supranatural.

Konsep Aliran Islam Kejawen

Setiap perilaku manusia akan menimbulkan bekas pada jiwa maupun badan seseorang. Perilaku-perilaku tertentu yang khas akan menimbulkan bekas yang sangat dasyat sehingga seseorang bisa melakukan sesuatu yang melebihi kemampuan manusia biasa. Perilaku tertentu ini disebut dengan tirakat, ritual, atau olah rohani.
Tirakat bisa diartikan sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan suatu ilmu.
Penabungan Energi.
Karena setiap perilaku akan menimbulkan bekas pada seseorang maka ada suatu konsep yang khas dari ilmu Gaib Aliran Islam Jawa yaitu Penabungan Energi. Jika badan fisik anda memerlukan pengisian 3 kali sehari melalui makan agar anda tetap bisa beraktivitas dengan baik, begitu juga untuk memperoleh kekuatan supranatural, Anda perlu mengisi energi. Hanya saja dalam Ilmu Gaib pengisian energi cukup
dilakukan satu kali untuk seumur hidup. Penabungan energi ini dapat dilakukan dengan cara bermacam-macam tergantung jenis ilmu yang ingin dikuasai. Cara-cara penabunganenergi lazim disebut Tirakat.
Tirakat.
Aliran Islam Kejawen mengenal tirakat (syarat mendapatkan ilmu) yang kadang dianggap kontroversial oleh kalangan tertentu. Tirakat tersebut bisa berupa bacaan doa. wirid tertentu, mantra, pantangan, puasa atau penggabungan dari kelima unsur tersebut. Ada puasa yang disebut patigeni (tidak makan, minum, tidur dan tidak boleh kena cahaya), nglowong, ngebleng dan lain-lain. Biasanya beratnya tirakat sesuai dengan tingkat kesaktian suatu ilmu. Seseorang harus banyak melakukan kebajikan dan menjaga bersihnya hati ketika sedang melakukan tirakat.
Khodam.
Setiap Ilmu Gaib memiliki khodam. Khodam adalah mahluk ghaib yang menjadi “roh” suatu ilmu. Khodam itu akan selalu mengikuti pemilik ilmu. Khodam disebut juga Qorin, ialah mahluk ghaib yang tidak berjenis kelamin artinya bukan pria dan bukan wanita, tapi juga bukan banci. Dia memang diciptakan semacam itu oleh Allah dan dia
juga tidak berhasrat kepada manusia. Hal ini berbeda dengan Jin yang selain berhasrat kepada kaum jin sendiri kadang juga ada yang “suka” pada manusia.

Macam-macam Ilmu Aliran Islam Kejawen

Berikut adalah klasifikasi ilmu gaib berdasarkan fungsinya menurut saya. Mungkin orang lain membuat klasifikasi yang berbeda dengan klasifikasi menurut saya. Hal tersebut bukan masalah karena memang tidak ada rumusan baku tentang klasifikasi ilmu Gaib.

1. Ilmu kanuragan.

Ilmu kanuragan adalah ilmu yang berfungsi untuk bela diri secara supranatural. Ilmu ini mencakup kemampuan bertahan (kebal) terhadap serangan dan kemampuan untuk menyerang dengan kekuatan yang luar biasa. Contohnya ilmu Asma’ Malaikat, Hizib Kekuatan Batin, Sahadad Pamungkas dll.

2. Ilmu Kawibawaan dan Ilmu Pengasihan

Inilah ilmu supranatural yang fungsinya mempengaruhi kejiwaan dan perasaan orang lain. lmu Kewibaan dimanfaatkan untuk menambah daya kepemimpinan dan menguatkan kata-kata yang diucapkan. Orang yang menguasai Ilmu Kewibawaan dengan sempurna akan disegani masyarakat dan tidak satupun orang yang mampu melawan perintahnya apalagi berdebat. Bisa dikatakan bila Anda memiliki ilmu ini Anda akan mudah mempengaruhi dan membuat orang lain nurut perintah Anda tanpa
berpikir panjang.Sedangkan Ilmu Pengasihan atau ilmu pelet adalah ilmu yang berkaitan dengan masalah cinta, yakni membuat hati seseorang yang Anda tuju menjadi simpati dan sayang. Ilmu ini banyak dimanfaatkan pemuda untuk membuat pujaan hati jatuh cinta padanya.
Ilmu ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat lawan yang berhati keras menjadi kawan yang mudah diajak berunding dan memulangkan orang yang minggat.

3. Ilmu Trawangan dan Ngrogosukmo

Jika Anda ingin tahu banyak hal dan bisa melihat kemana-mana tanpa keluar rumah, maka kuasailah ilmu trawangan. Ilmu trawangan berfungsi untuk menajamkan mata batin hingga dapat menangkap isyarat yang halus, melihat jarak jauh, tembus pandang dan lain-lain.
Sedangkan Ilmu Ngrogosukmo adalah kelanjutan dari Ilmu Trawagan.
Dalam ilmu trawangan hanya mata batin saja yang berkeliaran kemana-mana, sedangkan jika sudah menguasai ilmu ngrogosukmo seseorang bisa melepaskan roh untuk melakukan perjalanan kemanapun dia mau. Baik Ilmu Trawangan maupaun Ngrogosukmo adalah ilmu yang tergolong sulit dipelajari karena membutuhkan keteguhan dan kebersihan hati.
Biasanya hanya dikuasi oleh orang yang sudah tua dan sudah tenang jiwanya.

4. Ilmu Khodam

Seseorang disebut menguasai ilmu khodam bila orang yang tersebut bisa berkomunikasi secara aktif dengan khodam yang dimiliki. Khodam adalah makhluk pendamping yang selalu mengikuti tuannya dan bersedia melakukan perintah-perintah tuannya. Khodam sesungguhnya berbeda dengan Jin / Setan, meskipun sama-sama berbadan ghaib. Khodam tidak bernafsu dan tidak berjenis kelamin.

5. Ilmu Permainan (Atraksi)

Ada ilmu supranatural yang hanya bisa digunakan untuk pertunjukan di panggung. Sepintas ilmu ini mirip dengan ilmu kanuragan karena bisa memperlihatkan kekebalan tubuh terhadap benda tajam, minyak panas dan air keras. Namun ilmu ini tidak bisa digunakan untuk bertarung pada keadaan sesungguhnya. Contoh yang sering kita lihat adalah ilmunya para pemain Debus.

6. Ilmu Kesehatan

Masuk dalam kelompok ini adalah ilmu gurah (membersihkan saluran pernafasan), Ilmu-ilmu pengobatan, ilmu kuat seks, dan ilmu-ilmu supranatural lain yang berhubungan dengan fungsi bilologis tubuh manusia.

Tiga Cara Penurunan Ilmu Ghaib

Ada tiga hal yang menyebabkan seseorang memiliki kemampuan
supranatural. Yaitu:
Menjalankan Tirakat.
Tirakat adalah bentuk olah rohani khas jawa yang tujuannya untuk memperoleh energi supranatural atau tercapainya suatu keinginan.
Tirakat tersebut bisa berupa bacaan doa, mantra, pantangan, puasa atau gabungan dari kelima unsur tersebut. Inilah yang disebut belajar ilmu gaib sesungguhnya, karena berhasi atau tidaknya murid menjalankan tirakat hingga menguasai ilmu, tergantung sepenuhnya pada dirinya sendiri. Dalam hal ini guru hanya memberi bimbingan.
Pengisian.
Seseorang yang tidak mau susah payah juga bisa mempunyai kemampuan supranatural, yaitu dengan cara pengisian. Pengisian adalah pemindahan energi supranatural dari Guru kepada Murid. Dengan begitu murid langsung memiliki kemampuan sama seperti gurunya. Pengisian (transfer ilmu) hanya bisa dilakukan oleh Guru yang sudah mencapai tingkatan spiritual yang tinggi.
Warisan Keturunan.
Seseorang bisa mewarisi ilmu kakek-buyutnya yang tidak ia kenal atau ilmu orang yang tidak dikenal secara otomatis tanpa belajar dan tanpa sepengetahuannya. Maka ada yang menyebutnya “ilmu tiban” yang artinya datang tanpa disangka-sangka.

Mitos Tentang Efek Samping

Beberapa orang masih menyakini bahwa pemilik Ilmu Gaib akan mengalami kesulitan hidup dan mati, susah dapat rezeki, bisa sakit jiwa (gila), menderita saat akan mati dll. Saya membantah mentah- mentah argument tersebut. Bukankah masalah rizqi dan nasib adalah Allah SWT yang menentukan.

Memang ada banyak pemilik ilmu gaib adalah orang yang tak punya uang alias miskin, tapi saya yakin itu bukan disebabkan oleh ilmunya, melainkan karena dia malas bekerja dan bodoh. Kebanyakan orang yang memiliki ilmu gaib menjadi sombong dan malas bekerja, hanya mengharapkan orang datang meminta pertolongannya lalu menyelipkan beberapa lembar rupiah ketika bersalaman. Jadi bukan karena Ilmunya.

Sebetulnya baik buruk efek Ilmu Gaib tergantung pemiliknya. Bisa saja Allah menghukum dengan cara menyulitkan rezeki, menyiksa saat datangnya ajal atau hukuman lain karena orang tersebut sombong dan suka menindas orang lain dengan ilmunya, bukankah kita selalu dalam kekuasaan Allah.( Dari berbagai sumber ).

By: Sastravardana – Spiritofchi

42 responses to “Aliran Ilmu Gaib yang Berkembang di Indonesia

  1. Postingnya sangat menarik.

    Ini saya ketemu sebuah artikel tentang asli atau palsunya Tuhan: http://www.balipost.co.id/balipostcetaK/2004/6/6/opini.html

  2. menarik. tapi saya masih bingung engenai khodam. setahu saya, mahuk gaib tu cuma jin, syetan, ibis dan malaikat. kalau khodam? ada nash yang jelas soal ini?

  3. Terima kasih commentnya saudara Endras. Untuk lebih jelasnya, mungkin bisa menghubungi penulis artikel ini(Mas Sastra) dan menanyakannya lansung: sastravardhana@yahoo.co.id

  4. nah ini baru penjelasan yang universal tentang ilmu ghaib, senenga banget bacanya. Tidak menghakimi dan mengagungkan cukup objektif. Alhamdulillah.

  5. tulisan ini cukup bagus dan Kangmas Sastra dapat menulis berbagai hal yang berkaitan dengan supranatural seperti ini. Saya suku membaca dan mendonwload tulisan di internel lalu saya bukukan untuk khasanah pengetahuan saya. Tidak terlepas dari tulisan ini, juga masuk di kumpulan artikel pribadi saya. Trims Kangmas Sastra.

  6. Bagaimana sih bacaan mantranya

  7. Who can I contact for further enquiries
    regarding the courses?

  8. Hello Dia,
    You can contact Mr.Sastravardana of Spirit of Chi.
    Website: http://www.spiritofchi.com
    Email: sastravardhana@spiritofchi.com, or sastravardhana@yahoo.co.id
    Good luck!

  9. apakah ilmu gaib itu bisa ki dtg dlm mimpi

  10. bagai mana caranya untuk membuka mata
    batin agar dapat melihat mahluk gaib atau isi di dalam benda bertua tolong dibantu caranya

  11. anda ingin tahu penipuan bioenergi center, kunjungi http://bioenergicenter.blogspot.com

  12. cara menghilangkan ilmu kejawen yg sudah masuk gimana sihhhh?
    kirim mail le dianhunterx@ yahoo.com

  13. Saya sudah habis puluhan juta rupiah untuk belajar ilmu gaib yang instan, permanen, dan bergaransi…

    Tapi hasilnya NIHIL!

    Saya tidak bisa bilang TIDAK PERCAYA sebab jauh sebelumnya saya sudah pernah diisi ilmu gaib dan terasa di badan dalam keadaan sadar total kapanpun di manapun saya membaca wiridannya.

    lalu saya tinggalkan ilmu itu karena berubah keyakinan dan ketika ingin belajar lagi sang guru sudah tiada…

    Dulu ketika masih memiliki ilmu itu saya pernah membungkam anjing galak berkali-kali bahkan yang rabies…

  14. para sesepuh bisa tolong lebih dijelaskan masalah ilmu warisan?

  15. Assalam.
    Terimakasih atas artikelnya, karena dengan demikian, khususnya yang awam atau yang lagi belajar ilmu ghaib dapat mengambil hikmah manfaatnya untuk memperbaiki dan menambah sisi kekurangan agar dapat berhasil mempelajari suatu ilmu ghaib dengan cara yang benar.

    Wassalam.
    Gus Maruf

  16. saya mau tanya gimana caranya ketemu khodam dan khodam bisa membantu dlm bentuk materi/uang ngak?

  17. Terimakasih atas informasinya.
    Mas, saya punya persolan dengan kekuatan yang diturunkan tersebut. Saya merasa tidak pernah mempelajari ilmu-ilmu kebatinan seperti itu, tetapi memang ayah dan kakek-kakek saya dikenal sebagai seorang yang memiliki kekuatan supranatural.
    Masalahnya adalah saya terkadang tidak kuat menahan kekuatan yang ada di dalam diri ini, seperti bersuara aneh seperti mengaum kemudian mencakar. Namun itu semua muncul ketika ada orang yang coba melakukan pengobatan dengan supranatural kepada saya.
    Contohnya ketika ada pengobatan masal dengan tenaga prana, tiba-tiba tubuh saya seperti ingin menari tiada henti.
    Kemudian ketika ada yang mengajarkan reiki, tubuh saya bergerak seperti harimau
    ataupun ketika ada yang mencoba merefleksi kaki syaa, saya justru balik menyerang si tabib karena merasa akan disakiti.
    Ketika mengamuk seperti itu saya dalam kondisi sadar dan tahu apa yang saya lakukan hanya saja memang terasa seperti berebutan fikiran dengan sesuatu.
    Menurut beberapa orang yang saya datangi untuk menyembuhkan saya ini harus dihilangkan karena jika tidak saya bisa gila karena dikuasai mahluk itu.
    Nah persoalannya bagaimana saya harus menghilangkannya. Saya tahu bahwa dengan ijin Allah pasti hal ini akan hilang tetapi tentu harus ada tindakan pengobatan….mudah-mudahan mas bisa bantu saya mengatasi persoalan ini.

    Terimakasih sekaki lagi

    • itu roh jahat bro,dalam diri anda ada semacam kekuatan untuk melindungi anda.konsultasi aja pada yang benar2 ahli/orang yang benar2 ahli di tempat saya banyak

  18. agus hermawan

    saya ingin belajar ilmu gaib

  19. Ilmu yang diajarkan KALI JAGA ialah bersumber dari KAMASUTRA.Muaranya pada kemorosotan akhlak.

  20. Ada banyak yg dapat kita pelajari mari saudara se muslim kita kembali pada fitrah yg mana bnyak ajaran murni hukum islam yg dpt kita pakai sbg acuan dan pgangan dg menjalani syariat maka otomatis jika sang khalik berkehendak tanpa kita minta akan ada kelebhan tp apa arti sbuah ilmu tanpa ridlo yg pasti jalan sesat perlahan akan datang. Jujur aku mualaf dan bnyak pngalaman pribdi yg aku alami termasuk aliran kejawen meditasi budha dan seni beladiri dri nasrani tpi ykinlah akn stu agama yg diridhoi.

  21. Bagaimna cara’y menguasain ilmu k’batinan, saya ingin belajar. klo ada mail saya fb hadi_1987@yahoo.com

  22. Assalamualaikum,
    saya raden satori ingin berbagi keilmuan saya,disini..

    Silahkan mengunjungi Link saya di :

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2176464

    semoga bermanfaat mohon digunakan untuk kebaikan.

    wassalam.

  23. Yth, Mas Sastra.
    Sy tertarik dgn artikel ini, daningin belajar ilmu khodam mhn bimbingannya tks.

  24. Yt.Mas sastra.
    Sy tertarik dgn artikel ini, dan ingin belajar ilmu khodam, mhn bimbingannnya tks

    mujiyana.

  25. bagai mana cara untuk mengecek benda pusaka apakah ada isi khkodamnya apa tidak?tolong di jelaskan.

  26. Imam syafii asyari

    Mksh mz tntang pnjlasanx klo sya nanya lg gmn crax untk sya blajar ilmu ghaib sbg pmula..pd dasarx sya dah bljar tntang ilmu ketauhdan dn jg kakek moyang sya adlh orang kjawean yg pny bnyak klebhan jd sy mnta bmbnganx untk melestarkan trdisi keluarg sya trma kash bnyak

  27. sebenarny aku termasuk orang yg tergila2 dg ilmu ghoib dan hampir 20th aku memperdalam dg masuk berbgai perguruan tenaga dalam dan para kyai namun skrng sudah aku tinggalkan setelah aku tau logika/realita bgm sebuah energi itu bs keluar dr diri kita .memang berat meninggalkan klo inget bgm aku puasa latihan tirakat dsb dan siapa yg g bangga punya ilmu dan perlu di ketahui bhw puasa wirid itu smua hanya sbg media untk menumbuhkan sugesti shg mencapai titik yakin, shg kemempuan ilmu sseorang akan berbanding lurus dg sbrpa ia yakin dg kemampuan yg ia miliki ……!hati2 ini smua hanya permainan otak jgn smpe kita tersesat krn g tau ilmuny….!

  28. Saya mao tanya, bagaimana cara melunturkan ilmu kejawen yg sudah menyatu sampai ke tulang? Ada yg tau caranya? Tlg email ke indra_valdrian@yahoo.com. Tq

  29. bagus bah..sy stuju skali..apa yg sy prlu kn disini,bgaimana sy nak hubungi abah??boleh abah buat pengisian jarak jauh??

  30. trus kenapa banyak orang yang memakai ilmu gaib >?:”>?:”>
    n bagai mana cara mengeluarkan ilmu gaib ….

  31. belajar ilmu apapun harus punya guru,tanpa guru ilmu gk aknpunya dsar yg kuat,belajar ilmu seperti menunggu pisang mulai mentah hingga masak,gimana pisang supaya gk kena virus,,kita harus menjaga dengan baik,pisang tidak akn masak bersamaan ,knpa karna itu simbol dari ilmu sejati,bagi semua saudaraku saya berpesan belajar ilmu jangan yg tinggi dulu,kita belajar yg rendah supaya kita ngerti,ap arti ilmu yg sebenarnya.

  32. ustadz apakah khodam yang kita milki bisa datang dari qorin orang lain

  33. Didik eko yudo prawiro kartiko jagad

    ma’af sbelumnya……
    ada 3 hal yg harus di perhatikan dlm belajar ilmu ghaib :
    1. Bakat alam
    2. Keturunan
    3. Pintar dan Cerdas
    jika tidak ada satupun dari 3 hal tsb, menurut saya sulit mempelajari Ilmu Ghaib, apalagi mencapai tingkat sempurna…..MUSTAHIL…

  34. Ass Kum

    saya sudah lebih satu bulan belajar tenaga dalam pernafasan saya merasakan ada energi ditangan saya lalu bagai mana caranya agar dapat di gunakan dgn baik dan benar agar bermanfaat bagi saya dan orang lain . petunjuknya atas petunjuknya saya ucapkan terima kasìh.

  35. wah..waduh..waduh…lagi pening ne dalam pencarian mendekati Allah melalui Rijalul Ghaib..bisa ka pak?

  36. entah kenapa dari dulu saya ter opsesi oleh yg
    namanya ilmu gaib dan dulu saya pernah sesekali menatang kodam yang bersemi di halama rumah sahabat saya tp yang sadapat hanya aroma
    yg berbeda tpi setelah ke jadian itu saya ga bisa tidur sebelum menjelang pagi apakah ini
    ada hubugannya dengan kejadiaan itu yang pernah saya alamin dulu

  37. Ilmu khodam ibls benarkah itu ada?

  38. smua ilmu datangnya dari ALLAH S W T Yang ESA,gimana seseorang menggunakannya ada yang buat kejahatan dan ada juga yang buat menolong sesama umat manusia dan itu yang benar al imu nurun ilmu itu cahaya

  39. salam….blog nya pindah ya??? ijin nyimak kang…segera meluncur ke alamat baru

  40. orang berilmu pasti cobaannya lebih besar daripada orang biasa, oleh karena itu allah swt memberi cobaan melalui ilmunya…
    dan penjelasan mengenai ilmu, ilmu itu suci tetapi kita yang mengotorinya,
    ilmu bagaikan pisau, bila ada ditangan koki maka akan menghasilkan masakan yang lezat(bermanfaat),
    tetapi bila ada ditangan pencuri, maka akan memudahkan orang untuk melakukan kriminalisme dan merugikan orang lain dan inilah ilmu yang sesat, dan ilmu yg sesat bukan hanya ilmu gaib, ilmu apapun yang digunakan untuk merugikan orang juga sesat…

  41. Manusia adlah makhluk yg sempurna kenapa kita cenderung kemakhluk lain ? Apapun ilmunya selagi produk manusia, baik itu para leluhur maupun yg lainnya itu tidaklah benar. Kita merenunglah sejenak apakah tindakan yg dilakukan selalu membesarkan nama Tuhannya ? Saya rasa semua itu menyampingkan semua kebesaran Tuhannya, jadi mau di kemanakan Tuhan kita ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s