The Best of Chinese Life Philosophies

Untuk hidup sukses, anda tidak cukup hanya bekerja keras. Perjuangan yang menegangkan ini kerap kali mengakibatkan stres dan ketidaknyamanan. Penganut Tao yakin dan percaya bahwa Anda dapat mencapai lebih banyak lagi tanpa “berusaha”.
Oleh sebab itu, Anda harus menemukan faktor-faktor penentu kesuksesan dan memanfaatkannya secara optimal dan berkelanjutan.

Bagaimanapun juga kompetitor adalah “Sparring partner”; mereka meransang inovasi, kreasi dan efisiensi.

Konsep YingYang yang mengatakan bahwa satu hal bergantung atau menciptakan hal lainnya dapat dilihat dari kutipan bab 2 buku TaoTeChing:
‘Begitu semua manusia dikolong langit tahu apa yang merupakan keindahan itu, maka dengan sendirinya kejelekan itu ada’
‘Begitu mereka tahu apa yang merupakan kebaikan itu, maka dengan sendirinya kejahatan itu ada.”

Menurut Zhuang Zi, salah satu tokoh dalam aliran Tao, begitu alaminya proses kehidupan hingga kita tidak perlu bersedih untuk suatu kematian. Manusia berasal dari suatu energi(chi), dan setelah meninggal ia akan kembali menjadi energi tersebut; ia hanya meninggalkan jasadnya, tidak ada yang hilang. Orang menangis sebenarnya menangisi dirinya karena ditinggalkan, atau merasa sedih dan bersalah karena semasa hidupnya tidak berbuat baik, tidak berbakti kepada orang yang meninggal itu.

Wealth isn’t how much money you have, it’s what you’re left with after you lose all your money
Jika anda adalah seorang yang ‘kaya’, saat anda bangkrut dan jatuh miskin – tanpa sepeserpun – Anda pasti mampu mencari dan mengumpulkan kembali kekayaan tersebut. Itulah wealth.
Sebaliknya orang yang tidak mempunyai ‘kekayaan’, sebesar apapun uang yang ia dapat – misalnya menang lotere – suatu saat uang tersebut bisa hilang, lenyap; ia akan kembali seperti sebelumnya.

Faktor bakat
Sebagai ilustrasi, setiap baja atau besi bisa ditempa dan dibentuk menjadi pedang. Tetapi, mana yang akan lebih bagus? Mana yang akan lebih tajam, kuat, dan berkualitas? Karena baja mempunyai sifat (“bakat”) yang lebih keras, maka baalah yang akan lebih bagus.

Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi pedoman dalam menentukan bakat anda:
1. Pernahkah anda mempelajari sesuatu yang benar-benar baru dan Anda mampu menguasainya dengan cepat dan mudah? Bahkan begitu mudahnya Anda memahaminya, sampai-sampai teman-teman anda tidak percaya atau bahkan mengira anda sudah pernah mempelajarinya. Sebenarnya, bakatlah yang membuat anda begitu mudah menguasainya.
2. Adakah sesuatu yang sangat anda inginkan dalam hidup ini?Keinginan ini bisa menjadi penunjuk arah untuk menemukan bakat anda. Apakah anda ingin selalu berdiri di depan, mengatur orang-orang, membimbing mereka? Apakah anda juga sering ditunjuk menjadi ketua suatu tim? Apakah ada orang-orang yang selalu ingin mengikuti, atau percaya dengan arahan dan petunjuk anda? Jika iya, ada kemungkinan anda mempunyai bakat memimpin (leadership). Apakah anda menyenangi sesuatu yang baru, selalu ingin tantangan baru, selalu ingin menghasilkan sesuatu yang baru? Apakah keingintahuan Anda terhadap hal-hal baru sangat tinggi? Jika ya, kemungkinan Anda mempunyai daya kreasi dan imajinasi yang tinggi. Beberapa profesi yang membutuhkan talenta seperti ini adalah seniman, peneliti, penulis buku, perancang busana, perancang software computer, dan sebagainya.
3.Apakah ketika menjalankan suatu tugas, pekerjaan atau proyek baru hati anda berkata, ‘Saya begitu menikmati tugas ini. Tanpa dibayar pun saya bersedia mengerjakannya’? Kalau ya, kemungkinan Anda telah menemukan bakat Anda
4.Untuk mengenali bakat kita, kadang-kadang kita butuh bantuan orang lain untuk menyingkapkan tabir penghalang. Bisa jadi keahlian yang kita anggap biasa-biasa saja ternyata adalah sesuatu yang luar biasa menurut orang lain. Apakah anda ketika sekolah, bekerja, atau berorganisasi sering menerima pujian atas kecakapan yang Anda miliki tapi tidak Anda sadari? Apakah anda pernah merasa teman-teman Anda sering meminta bantuan Anda untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, berkonsultasi, atau meminta bimbingan dalam mata pelajaran tertentu yang menurut anda biasa-biasa saja, tetapi mereka menganggap anda ahli dibidang itu? Jika iya, hal itu adalah tanda-tanda awal anda memiliki bakat dibidang tersebut.
5.Jika anda menikmati apa yang sedang anda kerjakan, selain itu juga menghasilkan keuntungan dan kemajuan, mungkin itu pertanda bahwa Anda berada dalam jalur bakat anda.

Karena waktu sangat terbatas, dalam mengerjakan apapun harus memiliki skala prioritas. Buatlah daftar pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan. Jika anda bisa mengerjakan beberapa pekerjaan yang paling penting saja, anda sebenarnya telah menyelesaikan 80%-90% pekerjaan, yang kurang penting bisa didelegasikan kepada yang lain.

Kesuksesan adalah persiapan bertemu dengan kesempatan.
Adakalanya kesempatan bisa diperoleh dengan menciptakannya, tetapi ada pula yang harus dengan sabar menunggunya.

Metafisika adalah ilmu yang berkaitan dengan sesuatu yang non fisik, tidak kelihatan, seperti misteri-misteri kehidupan yang tidak kasat mata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s